Bali Bebas Sampah Plastik 2013


Pemerintah Provinsi Bali melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bali menyelenggarakan pameran dan seminar pengelolaan sampah dengan  tema " Bali Bebas Sampah Plastik 2013" di gedung Ksirarnawa, Taman Budaya (Art Centre) Denpasar, Rabu (25/5) hari ini.

Pameran dan seminar di buka oleh Gubernur Bali di wakili kepala BLH Provinsi Bali, Ir. A.A. Gede Alit Sastrawan, MT., dalam sambutannya mengatakan pameran dan seminar yang di selenggarakan ini secara khusus mengambil topik pengelolaan sampah, sangat tepat dan perlu terus dilanjutkan dan diperluas mengingat  saat ini sampah telah menjadi salah satu isu lingkungan hidup  baik di tingkat lokal,  regional, nasional bahkan global.

Dalam mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pengelolaan sampah, Pemerintah Provinsi Bali telah mencanangkan Program Bali Green Province dengan tiga strategi dasar,  yakni green culture, green economy dan clean & green.   Strategi green culture bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat pada umumnya dan pelajar/siswa khususnya terhadap maanfaat dan dampak  dari sampah.   Strategi ke dua di arahkan untuk mendorong partisipasi swasta dan dunia usaha umumnya dalam pengelolaan sampah.   Sementara strategi clean & green di prioritaskan untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan pencemaran dan kerusakan lingkungan yang berdampak  terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Di sisi lain panitia pameran dan seminar, Drs. I Gede Suarjana, M.Si., dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan di selenggarakannya kegiatan ini  adalah untuk mensosialisaikan kepada masyarakat luas  bahwa sampah perlu mendapatkan perhatian dan penanganan dengan baik mulai dari sumber sampai tempat pengolahan akhir (TPA), sehingga tidak mencemari lingkungan di sekitarnya.

Pameran di laksanakan selama dua hari dari tanggal 25 sd.26 Mei 2011, di ikuti peserta dari instansi Pemerintah Pusat (Balai Besar Pulp & Kertas Kementerian Perindustrian ), Provinsi Bali, Kabupaten/Kota se-Bali, BUMN, Perusahaan Swasta dan Lembaga Swadya Masyarakat.

Sedangkan seminar dilaksanakan selama sehari tanggal 25 Mei 2011 diikuti sebanyak 400 orang peserta terdiri dari SKPD Provinsi, Kabupaten/Kota se- Bali, PKK Provinsi, Siswa/ Mahasiswa, Forum Guru  Peduli Lingkungan dan masyarakat umum. Panitia mengundang  dua orang Narasumber sebagai pembicara; 1. Ketua Asosiasi Pemulung Daerah Bali, H. Basri Arifin.,  2.  Direktur Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bali.

Suarjana menambahkan,  untuk menumbuhkan kepedulian siswa/siswi terhadap permasalahan sampah, pada kesempatan ini juga di selenggarakan lomba karya tulis tingkat SMA.

Agenda Lainnya

Cari Agenda