Kopi Arabika

  • 30 April 2010
Kopi Arabika

Sifat-sifat dan karakteristik varietas kopi Arabika antara lain:

Varietas S 795

Habitus tanaman: tinggi agak melebar dengan daun rimbun menutupi batang.

Percabangan tidak teratur, ruas batang agak pendek, cabang sekunder, cabang tersier, cabang balik dan cabang cacing tumbuh sangat aktif sehingga diperlukan sering mewiwil. Daun bulat telor dengan ujung runcing, permukaan dan tepi daun bergelombang. Bunga: pembungaan besar pada awal musim hujan dan bunga susulan cukup banyak. Ruas yang pernah berhubungan dapat berbunga kembali akan tetapi jumlah buah sedikit. Bunga mekar agak pagi. Buah: buah muda agak memanjang warna hijau dan buah masak agak bulat warna merah hati. Pemasakan buah tidak serentak sehingga perlu panen bertahap. Daya hasil 1,5 ton/ ha dengan populasi 1600 pohon/ ha. Ketahanan terhadap hama penyakit: pada ketinggian > 1000 n tahan terhadap penyakit karat daun (hemileia vastatrix B et Br.), sedangkan < 900 agak rentan.

Cita rasa: baik.

Varietas Kartika

Habitus tanaman: katai.

Percabangan agak lentur, ruas pendek, pembentukan cabang sekunder, cabang kipas sangat aktif. Daun bulat telor dengan pangkal daun ujung runcing. Helai daun tebal dan kaku. Bunga: pembungaan lebih cepat dibandingkan kopi S 795. Bunga mekar agak siang. Buah: buah agak bulat dengan ukuran seragam. Biji lebih kecil dibandingkan dengan S 795. pemasakan buah tidak serentak sehingga perlu panen bertahap. Daya hasil 2 ton/ ha dengan populasi 2.500 pohon/ ha. Ketahanan terhadap hama penyakit: pada ketinggian > 1000 m tahan terhadap penyakit karat daun (hemileia vastatrix B et Br.), sedangkan < 900 tidak tahan.

Cita rasa: cukup.

Varietas Andung Sari (AS)

Habitus tanaman: katai.

Percabangan mendatar, tegak lurus batang utama dan agak lentur. Daun berbentuk oval agak memanjang dengan ujung meruncing dengan ukuran lebih besar daripada Kartika. Helai daun tipis dan lemas dengan tepi bergelombang. Bunga: hampir sama dengan Kartika. Buah: hampir sama dengan Kartika. Daya hasil 2 ton/ ha dengan populasi 2.500 pohon/ ha. Ketahanan terhadap hama penyakit: pada ketinggian > 1000 m tahan terhadap penyakit karat daun (hemileia vastatrix B et Br.), sedangkan < 900 lebih tahan dibandingkan dengan Kartika.

Cita rasa: cukup baik.

Klon BP 42

Habitus tanaman: perawakan sedang dengan tinggi tajuk ± 2 m.

Percabangan: cabang agak mendatar dengan ruas batang pendek. Daun bulat besar, permukaan dan tepi daun bergelombang, pupus daun berwarna hijau pucat dan daun tua hijau gelap. Bunga: pembungaan agak lambat dan penyerbukan paling baik. Buah: dompolan buah antar ruas cukup rapat, buah berukuran besar dan buah masak berwarna merah cerah. Daya hasil 0,8 ton/ ha dengan populasi 1.200 pohon/ ha.

  • 30 April 2010

Artikel Lainnya

Cari Artikel